Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Saat Hamil Muda

Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Saat Hamil Muda – Kehamilan adalah salah satu momen yang paling membahagiakan. Dan tidak bias dipungkiri bahwa pada momen yang ditunggu-tunggu ini terdapat beberapa masalah yang dihadapi. Banyak sekali masalah yang dialami oleh seorang ibu hamil terutama bagi para wanita yang baru pertama kalinya menghadapi kehamilan. Pada umumnya, masalah yang dihadapi pada saat kehamilan yang biasanya lebih sering dialami oleh para ibu saat usia kehamilannya masih muda. Hal ini ditunjukkan ibu sebagai bentuk adaptasinya dalam menerima kehamilannya.

Yang menjadi pertanyaan bagi kita adalah bagaimanakah jika ibu mengeluhkan sakit perut pada saat hamil mudanya? Apakah hal tersebut berbahaya baginya dan kandungannya? Sebenarnya berbahaya maupun tidak, gangguan tersebut harus dapat segera diatasi. Cara mengatasi sakit perut pada saat hamil muda harus segera diketahui demi kebaikan ibu hamil tersebut dan janin yang ada dalam kandungannya. Sakit perut saat hamil terkadang berupa rasa sakit yang diakibatkan kram pada perut saat hamil.

Cara Mengatasi Perut Kram Saat Hamil

Sakit perut yang identik dengan kram perut normal biasanya tidak membahayakan. Karena tidak semua ibu hamil muda dapat mengalami hal ini. Kram perut saat hamil adalah pertanda lonjakan tekanan darah mendekati hipertensi yang sifatnya hanya sementara dialami oleh ibu hamil pada masa awal kehamilan.

Penyebab kram perut saat hamil muda biasanya terjadi pada kasus ibu hamil anak pertama yaitu pada saat trimester pertama mendekati trimester kedua yang diakibatkan karena lonjakan tekanan darah akibat kandungan protein dalam darah yang berpengaruh pula pada pembuluh darah serta disertai dengan sedikit pusing.

Nah, tekanan darah tinggi inilah yang dapat mengakibatkan nyeri kram perut yang ringan, sehingga cara mengatasi perut kram saat hamil yang bisa dilakukan pertama kali adalah dengan meluangkan waktu yang lebih banyak untuk beristirahat seperti berbaring tidur atau duduk bersandar. Dengan istirahat sejenak inilah keberlanjutan rasa sakit perut akibat kram dapat diatasi.

Penyebab kram perut kedua pada ibu hamil muda ini yaitu diakibatkan oleh  penguatan otot-otot rahim, dimana tulang sekitar panggul melebar atau merenggang untuk mempersiapkan kehamilan lanjut dan menopang rahim yang membesar.

Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Saat Hamil Muda

Adapun cara mengatasi sakit perut pada saat hamil muda adalah sebagai berikut.

1. Konsumsi Buah Dan Sayur

Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Saat Hamil Muda

Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Saat Hamil Muda yang pertama dapat diatasi dengan mengkonsumsi lebih banyak buah-buahan serta sayuran hijau yang harus dipenuhi oleh ibu hamil terutama pada saat usia kandungannya masih muda.

Selain dapat digunakan sebagai cara mengatasi sakit perut ketika hamil muda, cara ini juga dapat digunakan untuk melengkapi nutrisi yang baik untuk ibu dan janin. Cara ini diketahui cukup ampuh dalam mengatasi rasa sakit kram perut akibat tidak seimbangnya hormon dalam tubuh ibu yang akhirnya mengakibatkan kontraksi Braxton Hicks.

2. Berolahraga

Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Saat Hamil Muda

Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Saat Hamil Muda yang kedua yaitu dengan berolahraga ringan. Olahraga ringan diketahui dapat menjadi pengusir rasa sakit dan tidak nyaman selama proses adaptasinya akibat perenggangan tulang rusuk dan tulang panggul. Berjalan sekitar lingkungan rumah, berjalan santai di taman di saat pagi maupun sore, berenang, naik-turun tangga, ataupun olahraga ringan yang sejalan dengan hobi lainnya dapat membantu mengurangi rasa sakit saat kram terjadi.

3. Refresing

Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Saat Hamil Muda

Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Saat Hamil Muda yang ke tiga yaitu dengan melakukan refresing. Kram pada perut ketika hamil muda juga bisa diakibatkan oleh karena ibu hamil mengalami tekanan yang sangat berat, depresi atau stres. Melakukan pereggangan sesekali, refreshing dan liburan juga dibutuhkan oleh ibu hamil dalam cara mengatasi sakit perut.

Cara ini bisamenghindarkan dan mengurangi potensi stres, pikiran yang terlalu berat serta depresi yang ibu hamil alami seputar kehamilannya, kehidupan maupun masalah pribadinya. Untuk mengatasi kram perut pada ibu hamil tidak dianjurkan untuk dengan mudah mengkonsumsi obat-obatan apotek. Hal ini dikarenakan tidak semua obat baik untuk ibu hamil dan kesehatan serta baik untuk perkembangan janin.

Namun ibu hamil juga harus waspada jika rasa sakit pada perut serupa kram perut ini terus-menerus menyerang ibu hamil. Segera periksakan ke dokter spesialis kandungan untuk mengetahui penyebab secara pasti dan penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Demikianlah cara mengatasi sakit perut pada saat hamil muda. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply